DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Pencanangan Kampung KB Tingkat Kecamatan Se Kabupaten Lima Puluh Kota Di Jorong Kampung Baru,Nagari Andiang,Kecamatan Suliki,Rabu 17 Mei 2017

Admin
Jumat, 19 Mei 2017
2,788 Dibaca
...

Salah satu prioritas Program  KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga ) tahun 2017 adalah membentuk Kampung KB di setiap Kecamatan. Kampung KB adalah satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu, dimana terdapat keterpaduan program Kependudukan ,Keluarga Berencana, Pembangunan Keluarga dan pembangunan sektor  terkait  yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.  Kampung KB dibentuk berdasarkan arahan dari Presiden RI melalui surat edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 440/70/SJ tanggal 11 Januari 2016 perihal Pencanangan dan Pembentukan Kampung KB di Seluruh Indonesia. Sesuai dengan surat edaran Mendagri  Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat bersama SKPD KB mencanangkan Kampung KB tingkat Kabupaten di Jorong Lubuak Koto, Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Lima Puluh Kota  pada tanggal 21 Januari 2016 dan selanjutnya pada tahun 2017 ini DP2KBP3A akan merealisasikan satu kampung KB ditiap Kecamatan.

Pencanangan Kampung KB Tingkat Kecamatan dipusatkan di Jorong Kampung Baru, Nagari Andiang Kecamatan Suliki   yang dilakukan   Bupati   Ir Irfendi Arbi,MP . Pencanangan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar dalam hal ini diwakili oleh Kabid ADPIN ,Anggota DPRD Dapil II , Seluruh Kepala OPD, Camat  dan UPT Se Kabupaten Lima Puluh Kota, , Unsur Muspika , Wali Nagari Wilayah Kampung KB, Bamus, Tokoh Masyarakat se Kecamatan Suliki serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bapak  Bupati Ir. Irfendi Arbi,MP , menekankan pentingnya Kampung KB  dalam rangka mensukseskan salah satu program Nawacita  Pemerintah yakni membangun masyarakat dari pinggiran yang diaplikasikan dengan membentuk Kampung KB. Melalui kampung KB nantinya diharapkan dapat mengangkat derajat kehidupan masyarakat, meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan alat kontrasepsi, mengaktifkan  POKTAN ( Kelompok Kegiatan), BKB(Bina Keluarga Balita), BKR (Bina Keluarga Remaja), BKL(Bina Keluarga Lansia),  UPPKS(Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera), PIK R(Pusat Informasi Konseling) Remaja. Kegiatan ini  disinergikan dengan semua program lintas sektoral. Dalam Pencanangan ini Bupati juga menandatangani 13 Prasasti  Kampung KB Tingkat Kecamatan  dan tidak lupa juga memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Andiang karena tingginya partisipasi masyarakat dalam pembentukan Kampung KB.

Dengan adanya pencanangan ini diharapkan semua kegiatan bisa berjalan dan pada akhirnya bisa membantu mengendalikan laju pertumbuhan Penduduk Dan diharapkan peran serta seluruh  masyarakat untuk mensukseskan kegiatan di kampung KB sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback