DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Pencanangan Bulan Bhakti IBI KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota POSKESRI Koto Malintang Nagari Batu Payuang Kecamatan Lareh Sago Halaban,Selasa 16 Mei 2017

Admin
Jumat, 19 Mei 2017
1,924 Dibaca
...

Dalam rangka meningkatkan pencapaian akseptor, BKKBN bersama IBI (Ikatan Bidan Indonesia) melaksanakan kegiatan pelayanan kontrasepsi melalui bulan bhakti IBI KB -Kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan di seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota. Untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat Kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti IBI KB –Kesehatan  dilaksanakan di Islamic Centre Painan Kabupaten Pesisir Selatan pada hari Rabu tanggal 3 Mei 2017 dengan Tema “ Bidan  Mengawal Kesehatan Keluarga – Dengan Layanan Holistik & Berkesinambungan – Melalui Bhakti IBI Kita Tingkatkan Pelayanan KB MKJP “ . Sebagai tindak lanjut pencanangan tingkat provinsi, Maka DP2KBP3A bersama IBI Cabang Kabupaten Lima Puluh Kota  melakukan pencanangan  di POSKESRI Koto Malintang,  Nagari Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban. Kegiatan  bulan bhakti ini berlangsung dari  Januari s/d Juni 2017.

Pencanangan Bulan Bhkati IBI KB Kesehatan dihadiri oleh Perwakilan BKKBN dalam Hal ini diwakili oleh Kabid KB/KR, Plt Kepala DP2KBP3A,Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kasi Gizi dan Kesehatan Keluarga, Pengurus IBI Provinsi Sumbar, Ketua IBI Cabang Lima Puluh Kota, UPT KB se Kabupaten Lima Puluh Kota dan undangan lainnya.

Dalam Sambutannya Plt Kepala DP2KBP3A Hj. Yenni Elvi,S.ST, menekankan pentingnya kerjasama dengan mitra terkait, salah satunya dengan bidan. Antara bidan dan KB merupakan sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan ini sesuai dengan slogan “ Dimana ada Bidan di situ ada KB, Dimana ada KB Di situ ada Bidan. Tujuan diadakannya bulan bhakti ini untuk memberikan pelayanan secara gratis kepada masyarakat miskin dimana sasaran kegiatan adalah daerah Gaciltas( tertinggal,terrpencil dan perbatasan) dengan pemasangan Alkon  MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) yang terdiri dari  MOW(Metode Operativ Wanita), MOP(Metode Operativ Pria), IUD, Implant. Sedangkan untuk alkon non MKJP (Suntik, Pil, Kondom) dilayani secara reguler di Faskes KB.

Selama pelaksanaan bulan bhakti dari Januari s/d April di dapatkan akseptor sebanyak 3.262 dengan perincian MOW = 18, MOP = 0, IUD = 243, IMP = 774, Kondom = 253, Suntik 1.371, Pil = 603. Untuk bulan Mei dilaksanakan pelayanan KB di empat titik yang meliputi Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kecamatan Akabiluru, Kecamatan Payakumbuh dan Kecamatan Lareh Sago Halaban.

Dengan adanya pelaksanaan Bulan Bhakti IBI KB – Kesehatan diharapkan dapat meningkatkan pencapaian akseptor serta dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan melalui terkendalinya kelahiran serta kesehatan ibu dan anak.

Berita terkait
Rabu, 23 Februari 2022 237 Dibaca
Kamis, 16 November 2017 1,099 Dibaca
Rabu, 21 Juni 2017 1,279 Dibaca
share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback