DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PEREMPUAN DI KECAMATAN MUNGKA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Admin
Rabu, 14 Agustus 2024
76 Dibaca
...

PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PEREMPUAN

DI KECAMATAN MUNGKA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Kondisi sosial ekonomi yang kompleks seringkali menempatkan perempuan kepala keluarga dalam situasi yang rentan. Untuk dapat mandiri dan berdaya, perempuan kepala keluarga perlu memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai. Oleh karena itu, pelatihan peningkatan kapasitas perempuan kepala keluarga ini dirancang untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan dukungan yang diperlukan agar mereka dapat menghadapi tantangan dengan lebih percaya diri.

Pelatihan peningkatan kapasitas perempuan kali ini mengambil tema Pembuatan Sabun Cuci Piring dan Parfum Laundry. Adapun tujuan umum pelaksanan pelatihan ini adalah meningkatkan kapasitas perempuan kepala keluarga agar lebih mandiri dan berdaya dalam mengelola kehidupan keluarga dan ekonomi rumah tangga.

Secara khusus tujuan dari pelaksanaan pelatihan peningkatan kapasitas perempuan ini untuk memberikan keterampilan teknis dan manajerial yang relevan dengan kebutuhan perempuan kepala keluarga, meningkatkan pemahaman tentang hak-hak perempuan dan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan, dan menguatkan jaringan dan solidaritas antar sesama perempuan kepala keluarga.

Pelatihan ini diadakan di Aula Kantor Camat Mungka yang diikuti oleh 25 (dua puluh lima) orang perempuan kepala keluarga dan perempuan yang sedang mengembangkan usahanya dari 5 (lima) Nagari di Kecamatan Mungka.

Adapun metode pelatihan dilaksanakan dengan menyampaikan materi disertai dengan praktik pembuatan sabun cuci piring dan parfum laundry.

Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan kapasitas perempuan kepala keluarga sehingga mereka dapat lebih berdaya dan berperan aktif dalam memperbaiki kondisi sosial ekonomi mereka.

Berita terkait
Kamis, 08 Agustus 2024 126 Dibaca
Rabu, 31 Juli 2024 118 Dibaca
Selasa, 16 Juli 2024 101 Dibaca
share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback