n

Berita Terkini

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Kunjungi PIK R SARASO Nagari Koto Tuo Rabu 17 Januari 2018

Post Title

                              Untuk meningkatkan lifeskill dan keterampilan serta kecakapan hidup khususnya remaja GenRe (Generasi Berencana) di Kabupaten Lima Puluh Kota, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar   melakukan kunjungan sekaligus pembinaan kepada Anggota PIK R (Pusat Informasi Konseling) Remaja Jalur Luar Sekolah. Dalam Pembinaannya bersama DP2KBP3A (Dinas Pengendaliaan Penduduk,Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) memberikan " Orientasi Peningkatan Keterampilan Hidup Remaja Bagi Pengelola Genre".

                              Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 Januari 2018 bertempat   di MDA Jorong Pulutan, Nagari Pulutan Kecamatan Harau, Kegiatan ini dihadiri oleh Plt Kepala DPPKBPPA berserta Kabid Pengendalian Penduduk dan Kesejahteraan Keluarga, Dinas Perikanan, tokoh masyarakat serta PKB/PLKB Kecamatan harau. Peserta orientasi ini seluruh anggota PIK (Pusat Informasi Konseling) Remaja Jalur Luar Sekolah " SARASO". Kegiatan ini menghadirkan  nara sumber dari Perwakilan BKKBN Provnsi Sumba,DP2KBP3A, serta   Dinas Perikanan.

                              Menurut Kaper BKKBN  tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempromosikan Program KKBPK dan Program Genre, sesuai dengan amanah UU No 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga, pasal 48 ayat (1) menyebutkan bahwa kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan keluarga dan kesejahteraan Keluarga, salah satunya dilaksanakan dengan cara meningkatkan kualitas remaja, pemberian akses informasi, pendidikan konseling dan pelayanan kehidupan berkeluarga, dimana salah satu wadah untuk meningkatkan kualitas hidup remaja adalah dengan membentuk Pusat Informasi Konseling Remaja melalui Program Genre.  Salah satunya sudah terbentuk PIK R SARASO yang berlokasi di Jorong Pulutan Nagari Koto Tuo Kecamatan Harau. PIK R ini sudah terbentuk tahun 2017 yang beranggotakan 25 orang baik yang sekolah maupun putus sekolah. Beberapa Kegiatan yang sudah berjalan adalahh : Memberikan pengembangan wawasan melalui Penyuluhan dan KIE (Komunikasi,Informasi dan Edukasi) yang diberikan oleh DP2KBP3A dan PKB . Dengan adanya PIK R diharapkan remaja dapat melaksanakan kegiatan yang positif yang bisa berbentuk lifeskill sehingga terhindar dari hal "“ hal yang tidak di inginkan, salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kelompok ini adalah budi daya ikan air tawar. Kegiatan ini mendapat tanggapan yang positif dari Pemerintahan Nagari Koto Tuo   dengan menyediakan lahan untuk budi daya ikan air tawar. Hal ini juga   direspon oleh DP2KBP3A selaku pembina PIK R dengan cara mendatangkan nara sumber dari dinas perikanan kab lima puluh kota untuk memberikan orientasi mengenai tata cara budi daya ikan air tawar. Dengan adanya kegiatan yang positif ini diharapkan para remaja dapat terhindar dari Triad KRR yakni : 1.) Tidak Menikah dibawah umur atau usia anak, 2.) Tidak Melakukan penyimpangan seksual   sebelum atau sesudah menikah, dan 3.) Tidak mencoba "“coba narkoba. Triad KRR ini dikenal dengan "Salam Genre".

                              Dengan terbentuknya PIK R baik jalur sekolah maupun luar sekolah Plt kepala DP2KBP3A Hj Yenni Elvi,S.ST berhahap kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok PIK R dapat meningkatkan pengetahuan serta pemahaman remaja tentang Kesehatan Reproduksi dan Program Genre, ini akan mempengaruhi angka fertilitas, Pendewasaan Usia Perkawinan serta kasus "“kasus kekerasan seksual terhadap anak dan narkoba dapat dihindari.

 

Video Terbaru


Agenda

Download



Sampaikan Saran Anda


Polling

Bagaimana menurut anda pelayanan di DP2KBP3A?
Baik
Kurang Baik
Sangat Baik

LIHAT